Kamis, 10 Mei 2012

RPP SD MAPEL PKN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
Nama Sekolah                       :  MI AL ITTIHAD
Mata Pelajaran                      :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas                                       :  III
Semester                                 :  Genap
Jumlah pertemuan                :  1 pertemuan
 

        
A.    Standar Kompetensi             :3.  Memiliki harga diri sebagai individu
B.     Kompetensi Dasar                 :3.2  Mengenal pentingnya harga diri
C.    Indikator
1           Menjelaskan pengertian harga diri
2           Mendeskripsikan pentingnya harga diri
3           Mendeskripsikan akibat tidak memiliki harga diri
        
D.    Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit.

E.     Tujuan Pembelajaran
1.         Dengan adanya suatu permasalahan siswa mampu menjelaskan pengertian harga diri.
2.         Dengan diberitahukannya arti dari harga diri siswa mampu mendeskripsikan pentingnya harga diri.
3.         Dengan pentingnya harga diri, siswa mampu mendeskripsikan akibat tidak memiliki harga diri.

F.     Nilai karakter
1.      Jujur dalam mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
2.      Rasa ingin tahu tentang materi yang dijelaskan guru.
3.      Rasa tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan.
4.      Kerja sama terhadap anggota kelompok.

G.    Materi Ajar
Harga diri adalah kesadaran akan seberapa besar nilai yang diberiakan kepada kita sendiri.
Harga diri dibagi menjadi dua
1.      Harga diri tinggi, contohnya : menjadi juara kelas
2.      Harga diri rendah, contohnya : mencuri, merampok,dll
Pentingnya mempunyai harga diri adalah:
1.      Mudah diterima orang lain
2.      Bisa lebih mencintai diri sendiri
3.      Lebih percaya diri dalam bergaul
4.      Terdorong untuk berbuat baik.
Akibat tidak punya harga diri
1.      Kehilangan kepercayaan diri
2.      Kurang mncintai diri sendiri
3.      Mudah putus asa.
              
H.    Metode Pembelajaran

            Metode pembelajaran : Ceramah, Tanya jawab dan Inquiri
Model pembelajaran    : Konstruktivisme.

I.  Langkah-langkah Kegiatan
        
1.      Pendahuluan            ( ±5 menit )
Apersepsi :
§  Mengingat kembali mengenai materi semester 1 sambil bercerita tenteng kegiatan setelah liburan.
§  Menyampaikan materi yang akan dibahas.
§  Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran

            Motivasi:  Memotivasi siswa untuk belajar dengan cara menunjukkan aplikasi materi ke dalam kehidupan

2.      Kegiatan Inti ( ±60 menit )
Ä Tahap Eksplorasi
-    Membagi siswa menjadi beberapa kelompok beranggotakan 2 orang yang terdiri dari teman satu bangku
-    Guru menyampaikan inti materi mengenai pengertian harga diri, pentingnya harga diri, dan akibat harga diri.
-    Siswa melihat buku LKS maupun buku paket yang berhubungan dengan materi tersebut .
-    Guru memberikan persoalan pada semua kelompok.

Ä Tahap Elaborasi
-    Siswa mendiskusikan persoalan yang didapat dengan melihat sumber belajar yang didapat.
-    Guru mengamati jalannya diskusi dan membimbing siswa yang mengalami kesulitan.

Ä Tahap mengemukakan
-    Meminta salah satu siswa dari perwakilan kelompok membacakan hasil yang didapat secara acak.
-    Dan bagi kelompok yang baik pengerjaannya mendapatkan apresiasi dari guru.
-    Setelah mengevaluasi hasil kerja kelompok, tiap siswa diberikan tugas soal pada LKS halaman 5 dan 7 dan dikumpulkan sebagai hasil kerja individu

3.      Kegiatan Akhir (±5 Menit)
§  Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini.
§  Guru memberikan motivasi pada siswa yang kurang baik dalam pengerjaan
§  Guru memberi PR LKS halaman 8 dan 9,serta menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.

J. Penilaian Hasil Belajar
         Teknik                            :  Tugas individu dan kelompok.
         Bentuk instrumen           :  Penilaian lisan dan tulis.
         Contoh instrumen          :
1.      Apa yang dimaksud dengan harga diri?
2.      Mengapa kita perlu mempunyai harga diri?
3.      Apa akibatnya jika orang tidak mempunyai harga diri?
K.    Media dan Sumber Belajar
Sumber :   
- Buku paket, yaitu buku Pendidikan Kewarganegaran kelas III. TigaSerangkai dan LKS.        
- Buku referensi lain.
        
Media :
1. Papan tulis
2. Kapur
3. Penghapus
4. Kertas (buku)


INSTRUMEN PENILAIAN

Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrument
Skor
Menjelaskan pengertian harga diri
Tertulis
Uraian
1.    Apa yang dimaksud dengan harga diri?
20
Mendeskripsikan pentingnya harga diri

Tertulis
Uraian
2.    Mengapa kita perlu mempunyai harga diri?

20
Mendeskripsikan akibat tidak memiliki harga diri

Tertulis
Uraian
3.    Apa akibatnya jika orang tidak mempunyai harga diri?

20









Mengetahui                                                                             Mojokerto,                              2012
Kepala Sekolah                                                                       Guru Mata Pelajaran






UMI HANIK RUMALAITA S.Ag                                     DYAH AYU ROHMAWATI
                                                                       


RUBRIK PENILAIAN AFEKTIF

Aktivitas
Kreteria
Keaktifan siswa dalam bekerja
Tidak aktif
Kurang aktif
aktif
Sangat aktif
Kerja sama dsiswa dengan teman dalam kelompok
Pasif
Kurang
Sedang
Tinggi
Usaha dalam menyelesaikan masalah yang ditugaskan
Pasif
Kurang
Sedang
Tinggi
Siswa berusaha secepatnya melaporkan hasil pekerjaan
Tidak tepat
Kurang tepat
Tepat
Sangat tepat

Skala Pengukuran
*   Keaktifan siswa dalam bekerja
Ä  Skor 1 jika tidak aktif sama sekali
Ä  Skor 2 jika kurang aktif selama bekerja
Ä  Skor 3 jika aktif selama bekerja
Ä  Skor 4 jika sangat aktif
*   Kerja sama siswa dengan teman dalam kelompok
Ä  Skor 1 jika pasif dalam kelompok
Ä  Skor 2 jika kurang aktif selama bekerja kelompok
Ä  Skor 3 jika aktif selama bekerja dalam kelompok
Ä  Skor 4 jika sangat aktif


*   Usaha siswa dalam menyelesaiakan masalah yang ditugaskan
Ä  Skor 1 jika dikerjakan semaunya sendiri dan hasilnya acak- acakan
Ä  Skor 2 jika bertanya kepada guru tetapi masih salah
Ä  Skor 3 jika tidak bertanya tetapi hasil sudah mendekati benar
Ä  Skor 4 jika tidak bertanya dan hasil benar
*   Siswa berusaha secepatnya melaporkan hasil pekerjaan
Ä  Skor 1 jika tidak melaporkan hasil pekerjaan
Ä  Skor 2 jika waktu melebihi batas yang ditentukan
Ä  Skor 3 jika tepat waktu
Ä  Skor 4 jika dalam waktu yang ditentukan ternyata sudah selesai terlebih dahulu.

Skor Maksimal            : 4 x 4 = 16
Skor Minimal              : 1 x 4 = 4
Nilai/Predikat              :
  Skor tercapai 4 – 6      =  kurang
  Skor tercapai 7 – 9      =  cukup
  Skor tercapai 10 – 12  =  baik
  Skor tercapai 13 – 16  =  sangat baik

LEMBAR PENILAIAN AFEKTIF

No
Aktivitas
Kelompok
1
2
3
4
5
1
Keaktifan siswa dalam bekerja





2
Kerja sama siswa dengan teman dalam kelompok





3
Usaha siswa dalam menyelesaikan masalah yang ditugaskan





4
Siswa berusaha secepatnya melaporkan hasil pekerjaan





JUMLAH SKOR TERCAPAI





NILAI





Lembar Pengamatan Sikap Siswa

No
Nama
Jujur
Rasa Ingin tahu
Tanggung jawab
Kerja sama
Rata-rata
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.






11.






12.






13.






14.






15.






16.






17.






18.






19.






20.






21.






22.






23.







Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai 5
Penafsiran angka :
1 = Sangat kurang
2 = Kurang
3 = Cukup
4 = Baik
5 = Sangat baik
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 sampai 5
penafsiran angka :
1 = 60
2 = 70
3 = 80
4 = 90
5 = 100





LEMBAR KERJA KELOMPOK
                                                                                               
                                                                                               
Kelompok          :
Anggota             :  1.
                              2.
                          
Materi pokok       : Harga Diri
Tujuan                : Membantu pemahaman tentang Harga diri

I. Petunjuk Kerja    :
§  Pahami soal dibawah ini!
1.      Mengapa manusia disebut sebagi makhluk yang paling mulia?
2.      Apakah yang dimaksud dengan harga diri?
3.      Sebutkan macam-macam harga diri beserta contohnya!
4.      Apa pentingnya jika kita memiliki harga diri?
5.      Apa akibatnya jika kita tidak mempunyai harga diri?
§  Kerjakan soal tersebut !
§  Tulis jawaban dibawah ini dengan lengkap!

Jawab :
































KUNCI JAWABAN
LEMBAR KERJA KELOMPOK
1.      Karena manusia mempunyai akal dan fikiran
2.      Harga diri adalah kesadaran akan seberapa besar nilai yang diberiakan kepada kita sendiri.
3.      Harga diri dibagi menjadi dua
·      Harga diri tinggi, contohnya : menjadi juara kelas
·      Harga diri rendah, contohnya : mencuri, merampok,dll
4.      Pentingnya mempunyai harga diri adalah:
·      Mudah diterima orang lain
·      Bisa lebih mencintai diri sendiri
·      Lebih percaya diri dalam bergaul
·      Terdorong untuk berbuat baik.
5.      Akibat tidak punya harga diri
·      Kehilangan kepercayaan diri
·      Kurang mncintai diri sendiri
·      Mudah putus asa.