RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran :
Matematika
Kelas
/ Semester : X /
Gasal
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan
1. Standar Kompetensi : 3. Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu
variabel
2. Kompetensi Dasar : 3.3 Menyelesaikan model matematika dari
masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya
3.
Indikator
1)
Mentukan sistem persamaan linear yang merupakan model matematika dari
masalah.
2) Menentukan
penyelesaian dari model matematika.
4.
Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
5.
Tujuan Pembelajaran
1)
Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menentukan sistem persamaan linear yang
merupakan model matematika dari masalah.
2)
Melalui tugas yang diberikan guru, siswa dapat menentukan
penyelesaian dari model matematika.
6. Nilai Karakter :
1. Kejujuran
dalam mengerjakan soal yang diberikan
2.
Rasa tanggung jawabterhadap tugas yang diberikan
3.
Teliti dalam mengerjakan soal
4.
Ulet dalam mengerjakan soal
5.
Rasa peduli terhadap anggota kelompok
7.
Materi Pembelajaran
Persamaan adalah suatu operasi yang antara ruas
kiri dan kanan diberi tanda sama dengan.
Adapun persamaan
linier adalah suatu betuk persamaan yang variabelnya mempunyai pangkat minimal
1 dan paling bnyak 1.
8.
Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran : Tanya jawab dan diskusi
Model pembelajaran : Bermain peran (Role play)
9.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a.
Kegiatan Pendahuluan ( 4 menit )
1.
Apersepsi :
§
Mengingat kembali mengenai
teori persamaan linear dua variable.
§
Menyampaikan
materi yang akan dibahas.
§
Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam
pembelajaran
2.
Motivasi :
Menyampaikan
pada peserta didik bahwa materi ini yaitu sistem persamaan linear dua variabel dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan
masalah sehari-hari.
b.
Kegiatan Inti ( 11 menit )
Ä
Tahap Eksplorasi
§ Siswa disuruh membentuk kelompok yang anggotanya 5-6 orang.
§ Guru menyampaikan
inti materi mengenai sistem persamaan linear dua dan tiga variabel dan memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
dan media apa yang digunakan untuk memberikan gambaran pada peserta didik.
§ Guru menyuruh 4 siswa untuk bermain peran tentang aplikasi persamaan linear dalam bisnis. Siswa memilih peran yang ingin diperankan.
§ Guru menugaskan 1
siswa dari keempat siswa yang telah ditunjuk untuk berperan
sebagai penjual dan 3 siswa sebagai pembeli.
Langkah-langkah
bermain peran :
Guru memberi ketentuan sebagai berikut :
1) Menugaskan penjual
untuk menjual 3 jenis barang kepada kedua pembeli dengan tidak memberitahukan harga tiap barang, tetapi memberikan
harga sejumlah (kedua jenis) barang yang sudah dibeli.
2) Dua pembeli harus
membeli 2/3 jenis barang yang dijual dengan catatan
jumlah barang yang dibeli tidak boleh sama. Dan 1 pembeli harus membeli 2/3 jenis barang yang dijual.
Ä Tahap Elaborasi
§ Beberapa peserta
didik melakukan tahap pemeranan sementara peserta didik yang lain duduk
dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan atau sebagai pengamat skenario
yang sedang diperagakan dan setiap kelompok diberikan lembar kerja yang
bertugas membuat model matematika dari masalah yang diperankan, menentukan
penyelesaian dari model matematika tersebut serta memberikan tafsiran solusi
dari masalah.
Ä Tahap Mengemukakan
§ Guru meminta kelompok
untuk mempresentasikan hasil kesimpulan di depan kelas dan
kelompok lain menanggapi.
§ Dan bagi kelompok
yang baik pengerjaannya mendapatkan apresiasi dari guru.
§ Setelah mengevaluasi
hasil kerja kelompok, tiap siswa diberikan tugas soal dan dikumpulkan sebagai
hasil kerja individu
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
§
Guru dan peserta didik bersama-sama
melakukan refleksi dan menyimpulkan
materi yang telah dipelajari hari ini.
§
Guru memberikan
motivasi pada kelompok yang kurang baik dalam pengerjaan
§
Guru memberi PR buku paket halaman 121 No. 2 dan
3,serta menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan
datang.
10. Sumber Belajar
Sumber :
- Buku
paket, yaitu buku Matematika SMA Glora Aksara Pertama Kelas X, karangan Sri Kurnianingsih, dkk,. Lks
- Buku
referensi lain.
Media
Media
Alat-alat tulis
Alat
-
Papan tulis
-
Sepidol
-
Kertas
11. Penilaian Hasil Belajar
Teknik :
Tugas individu dan kelompok.
Bentuk
instrumen : Penilaian lisan dan
tulis.
Contoh instrumen :
1.
Ibu membeli 5 kg jeruk dan 8 kg
rambutan dengan harga Rp115. 000, 00.
Jika ibu membeli 3 kg jeruk dan 5 kg rambutan harga Rp70. 000, 00, tentukan model matematika dari masalah tersebut
2.
Rudi, Nina, dan Ilham baru saja
kembali dari took buku. Mereka membeli tiga jenis barang tang sama, yaitu buku
tulis, pulpen dan pensil. Rudi membeli 3 buku tulis, 2 pulpen, dan 4 pensil
lalu membayar Rp12. 000, 00. Nina membeli 5 buku tulis, 2 pulpen, dan 1 pensil
dan juga membayar Rp12. 000, 00. Sementara itu, Ilham membeli 2 buku tulis, 4
pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13. 000, 00, tentukan harga 1 buah buku, 1
pulpen, dan 1 pensil?
Instrumen Penilaian
Indikator pencapaian
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Contoh instrumen
|
Skor
|
Menentukan sistem persamaan linear
yang merupakan model matematika dari masalah
|
Tertulis
|
Uraian
|
Ibu
membeli 5 kg jeruk dan 8 kg rambutan dengan harga Rp115. 000, 00. Jika ibu membeli 3 kg jeruk
dan 5 kg rambutan harga Rp70. 000, 00, tentukan model matematika dari masalah tersebut.
|
50
|
Menentukan penyelesaian dari model
matematika
|
Tertulis
|
Uraian
|
Rudi,
Nina, dan Ilham baru saja kembali dari took buku. Mereka membeli tiga jenis
barang tang sama, yaitu buku tulis, pulpen dan pensil. Rudi membeli 3 buku
tulis, 2 pulpen, dan 4 pensil lalu membayar Rp12. 000, 00. Nina membeli 5
buku tulis, 2 pulpen, dan 1 pensil dan juga membayar Rp12. 000, 00. Sementara
itu, Ilham membeli 2 buku tulis, 4 pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13.
000, 00, tentukan harga 1 buah buku, 1 pulpen, dan 1 pensil?
|
50
|
Mengetahui Jombang,20 Maret 2012
Dosen Pembimbing Mahasiswa Mikro Prodi Matematika
Drs. M.HIDAYAT, M.SI DYAH AYU ROHMAWATI
NIP. NIM. 095410
Tidak ada komentar:
Posting Komentar