Senin, 26 Maret 2012

RPP Persamaan Linier


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                      : SMA
Mata Pelajaran                           : Matematika
Kelas / Semester                         : X / Gasal
Jumlah Pertemuan                      : 1 x pertemuan
 

1.      Standar Kompetensi                :  3.   Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

2.      Kompetensi Dasar                    :  3.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan system persamaan linear dan penafsirannya

3.      Indikator
1)      Mentukan sistem persamaan linear yang merupakan model matematika dari masalah.
2)      Menentukan penyelesaian dari model matematika.
4.      Alokasi Waktu : 1 x 20 menit
5.      Tujuan Pembelajaran
1)      Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menentukan sistem persamaan linear yang merupakan model matematika dari masalah.
2)      Melalui tugas yang diberikan guru, siswa dapat menentukan penyelesaian dari model matematika.
6.      Nilai Karakter :
         1. Kejujuran dalam mengerjakan soal yang diberikan
   2. Rasa tanggung jawabterhadap tugas yang diberikan
   3. Teliti dalam mengerjakan soal
   4. Ulet dalam mengerjakan soal
   5. Rasa peduli terhadap anggota kelompok

7.      Materi Pembelajaran
Persamaan adalah suatu operasi yang antara ruas kiri dan kanan diberi tanda sama dengan.
Adapun persamaan linier adalah suatu betuk persamaan yang variabelnya mempunyai pangkat minimal 1 dan paling bnyak 1.
8.      Metode Pembelajaran
Metode pembelajaran                 : Tanya jawab dan diskusi
Model pembelajaran                   : Bermain peran (Role play)
9.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Pendahuluan ( 4 menit )
1.      Apersepsi :
§ Mengingat kembali mengenai teori persamaan linear dua variable.
§ Menyampaikan materi yang akan dibahas.
§ Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran
2.      Motivasi :
Menyampaikan pada peserta didik bahwa materi ini yaitu sistem persamaan linear dua variabel dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah sehari-hari.
b.      Kegiatan Inti ( 11 menit )
Ä Tahap Eksplorasi
§  Siswa disuruh membentuk kelompok yang anggotanya 5-6 orang.
§  Guru menyampaikan inti materi mengenai sistem persamaan linear dua dan tiga variabel dan memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai dan media apa yang digunakan untuk memberikan gambaran pada peserta didik.
§  Guru menyuruh 4 siswa untuk bermain peran tentang aplikasi persamaan linear dalam bisnis. Siswa memilih peran  yang ingin diperankan.
§  Guru menugaskan 1 siswa dari keempat siswa yang telah ditunjuk untuk berperan sebagai penjual dan 3 siswa sebagai pembeli.
Langkah-langkah bermain peran :
Guru memberi ketentuan sebagai berikut :
1)   Menugaskan penjual untuk menjual 3 jenis barang kepada kedua pembeli dengan tidak memberitahukan harga tiap barang, tetapi memberikan harga sejumlah (kedua jenis) barang yang sudah dibeli.
2)   Dua pembeli harus membeli 2/3 jenis barang yang dijual dengan catatan jumlah barang yang dibeli tidak boleh sama. Dan 1 pembeli  harus membeli 2/3 jenis barang yang dijual.
Ä Tahap Elaborasi
§  Beberapa peserta didik melakukan tahap pemeranan sementara peserta didik yang lain duduk dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan atau sebagai pengamat skenario yang sedang diperagakan dan setiap kelompok diberikan lembar kerja yang bertugas membuat model matematika dari masalah yang diperankan, menentukan penyelesaian dari model matematika tersebut serta memberikan tafsiran solusi dari masalah.
Ä Tahap Mengemukakan
§  Guru meminta kelompok untuk mempresentasikan hasil kesimpulan di depan kelas dan kelompok lain menanggapi.
§  Dan bagi kelompok yang baik pengerjaannya mendapatkan apresiasi dari guru.
§  Setelah mengevaluasi hasil kerja kelompok, tiap siswa diberikan tugas soal dan dikumpulkan sebagai hasil kerja individu
Kegiatan Penutup ( 5 menit )
§  Guru dan peserta didik bersama-sama melakukan refleksi dan menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari ini.
§  Guru memberikan motivasi pada kelompok yang kurang baik dalam pengerjaan
§  Guru memberi PR buku paket halaman 121 No. 2 dan 3,serta menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.

10.  Sumber Belajar
Sumber :     
-      Buku paket, yaitu buku Matematika SMA Glora Aksara Pertama Kelas X, karangan Sri Kurnianingsih, dkk,. Lks        
-      Buku referensi lain.
Media
       Media Alat-alat tulis
Alat
-          Papan tulis
-          Sepidol
-          Kertas

11.  Penilaian Hasil Belajar
         Teknik                            : Tugas individu dan kelompok.
         Bentuk instrumen           : Penilaian lisan dan tulis.
         Contoh instrumen :
1.      Ibu membeli 5 kg jeruk dan 8 kg rambutan dengan harga  Rp115. 000, 00. Jika ibu membeli 3 kg jeruk dan 5 kg rambutan harga Rp70. 000, 00, tentukan model matematika dari masalah tersebut
2.      Rudi, Nina, dan Ilham baru saja kembali dari took buku. Mereka membeli tiga jenis barang tang sama, yaitu buku tulis, pulpen dan pensil. Rudi membeli 3 buku tulis, 2 pulpen, dan 4 pensil lalu membayar Rp12. 000, 00. Nina membeli 5 buku tulis, 2 pulpen, dan 1 pensil dan juga membayar Rp12. 000, 00. Sementara itu, Ilham membeli 2 buku tulis, 4 pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13. 000, 00, tentukan harga 1 buah buku, 1 pulpen, dan 1 pensil?
















Instrumen Penilaian

Indikator pencapaian
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Contoh instrumen
Skor
Menentukan sistem persamaan linear yang merupakan model matematika dari masalah
Tertulis
Uraian
Ibu membeli 5 kg jeruk dan 8 kg rambutan dengan harga  Rp115. 000, 00. Jika ibu membeli 3 kg jeruk dan 5 kg rambutan harga Rp70. 000, 00, tentukan model matematika dari masalah tersebut.

50





Menentukan penyelesaian dari model matematika
Tertulis
Uraian
Rudi, Nina, dan Ilham baru saja kembali dari took buku. Mereka membeli tiga jenis barang tang sama, yaitu buku tulis, pulpen dan pensil. Rudi membeli 3 buku tulis, 2 pulpen, dan 4 pensil lalu membayar Rp12. 000, 00. Nina membeli 5 buku tulis, 2 pulpen, dan 1 pensil dan juga membayar Rp12. 000, 00. Sementara itu, Ilham membeli 2 buku tulis, 4 pulpen, dan 3 pensil lalu membayar Rp13. 000, 00, tentukan harga 1 buah buku, 1 pulpen, dan 1 pensil?

50


Mengetahui                                                                                         Jombang,20 Maret 2012
Dosen Pembimbing                                                                 Mahasiswa Mikro Prodi Matematika







Drs. M.HIDAYAT, M.SI                                                            DYAH AYU ROHMAWATI
NIP.                                                                                             NIM. 095410




Tidak ada komentar:

Posting Komentar